Total Tayangan Halaman

Sabtu, 07 Januari 2012

ISLAM PADA MASA PEMBAHARUAN (MODERN)


Pembaharuan  dalam  Islam  yang  timbul  pada  periode  sejarah  Islammempunyai tujuan yakni, membawa umat Islam dalam kemajuan baik dalam ilmupengetahuan  maupun  kebudayaan.  Perkembangan  Islam  dalam  sejarahnyamengalami  kemajuan  dan  juga  kemunduran.  Makalah  ini  akan  menguraikanperkembangan Islam pada masa pembaharuan atau modern. Pada masa itu, Islammampu menjadi pemimpin peradaban. Mungkinkah Islam mampu kembali menjadipemimpin peradaban ?

A.   PENGERTIAN PEMBAHARUAN
Istilah pembaharuan ini, oleh Harun Nasution cenderung menganalogikan istilah“pembaharuan” dengan “modernism”, karena istilah terakhir dalam masyarakatbarat mengandung arti pikiran, aliran, gerakan dan usaha mengubah paham-pahamistiadat, institusi lama dan lain sebagianya untuk disesuaikan dengan suasana baruyang ditimbulkan kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi modern. Gagasan inimuncul di barat dengan tujuan menyesuaikan ajaran-ajaran yang terdapat dalamagama Katolik dan Protestan dengan ilmu pengetahuan modern.

Menurut paham Revivalisasi , pembaharuan adalah membangkitkan kembali Islamyang  murni (maksud disini tetap dalam kontek pembaharuan dalam Islam) sebagaimana yang telah pernah dicontohkan Nabi dan kaum Salaf.

Dalam kamus Oxford pembaharuan dikenal dengan istilah resurgence diartikan sebagai kegiatan yang muncul kembali. Pengertian ini mengandung tiga hal:
1. Suatu pandangan dari dalam, dimana suatu cara  kaum
    muslimin melihat bertambahnya  dampak  agama  diantara  para
      penganutnya.  Sehingga keberadaan Islam disini menjadi penting kembali. Dalam
      artian memperoleh kembali prestasi dan kehormatan dirinya.
2. Kebangkitan kembali, menunjukan bahwa keadaan tersebut
    telah terjadisebelumnya. Jejak Nabi dan para pengikutnya dapat
     memberikan pengaruhyang besar terhadap pemikiran orang-orang yang
      menaruh pada jalan hidup umat islam.
3. Kebangkitan kembali sebagai suatu konsep, mengandung paham
    tentang suatu tantangan, bahkan suatu ancaman  terhadap
    pengikut pandangan-pandangan lain Penjajahan Bangsa Barat atas Dunia
     Islam

B. LATAR BELAKANG ISLAM PADA MASA PEMBAHARUAN

1. Penjajahan Dunia Barat Atas Bangsa Islam

Ketika berada dibawah kerajaan Islam Mughal, India merupakan negeri yang cukup kaya hasil pertaniannya. Kekayaan inilah yang menyebabkan para pedagang Eropa datang. Kedatangan mereka bukan hanya untuk berdagang, tetapi juga untuk memonopoli perdagangan dan menguasai negeri. Pada awal abad ke-17 M, Inggris dan Belanda mulai memasuki wilayah India. Ada tahun 1611 M, Inggris mendapat ijin menanamkan modal, dan pada tahun 1617 M, Belanda mendapatkan ijin yang sama.
 Pada tahun 1761 M para penguasa di wilayah tersebut berusaha melakukanpenawanan  untuk  mempertahankan  wilayah  kekuasaanya.  Tapi  mereka  tidak mampu mengalahkan kekuatan pasukan Inggris. Ahkirnya daerah Quth Bengal dan Orissa  jatuh ketangan Inggris.  Kemudian pada tahun 1803 M, pusat kerajaan Islam Mughal, Delhi, berada dibawah bayang-bayang Inggris. Inggris menggunakan kekuatan Sikh Hindu untuk melawan kekuatan Mughal Dengan bantuan kekuasaan tersebut, ahkirnya Inggris dengan leluasa mengembangkan sayap kekuasaanya dianak benua India dan sekitarnya.
Pesaing terbesar pedagang Islam adalah Inggris. Sejak datang kewilayah Asia Tenggara, khususnya di semenanjung Malaysia, Inggris mulai mendominasi perdagangan  dan politik. Persaingan itu terlihat dari usaha masing-masing yang ingin merebut hasil rempah-rempah. Penjajah bangsa-bangsa Barat ini baru berakhir pada abad ke-20 M setelah masing-masing wilayah melakukan pemberontakan dan memerdekakan diri.
 
2. Penjajahan Barat Ketimur Tengah

Kemajuan bangsa Barat dalam berbagai bidang telah membuat kerajaanTurki menjadi kecil dihadapan Eropa. Akan tetap kebesaran nama Turki Usmani membuat bangsa Eropa segan menyerang kekuatan Usmani, namun kekalahan Turki Usmani dalam pertempuran di Wina pada 1783 M, membuka bangsa-bangsa Eropa bahwa kekuatan Turki Usmani telah mundur jauh. Kekalahan Turki dalam setiap pertempuran, menyebabkan wilayah satu persatu wilayah Islam yang berada dibawah kekuatan Turki Usmani memisahkan diri. Tidak hanya  itu, wilayah yang dulunya berada dibawah kekuaaan Turki Usmani, diambil oleh bangsa-bangsaBarat.
Penetrasi bangsa Barat atas dunia Islam di Timur Tengah, pertama kali dilakukan oleh Inggris dan Perancis, dua Negara Eropa Barat yang tengah bersing.Inggris pertama kali menguasai India karena pesaing itu Perancis berusaha memutus komunikasi antara Iggris dibarat dan India Timur. Oleh karena itu pintu gerbang ke India, yaitu Mesir harus berada di wilayah kekuasaanya. Untuk maksud tersebut,Mesir ditaklukan Perancis pada 1798 M. jatuhnya wilayah Islam ketangan Bangsa Barat  menandai  kemunduran  umat  Islam.  Sejak  saat  itu,  masarakat  muslim melakukan perlawanan dan pemberontakan terhadap penjajahan yang dilakukan bangsa Barat. Selain itu, Negara-negara yang ikut menjajah wilayah Timur Tengah adalah Spanyol dan Portugis.
Adapun beberapa faktor yang dilakukan oleh bangsa Barat dalam menjajah Timur Tengah  adalah :
- Penyebaran agama Kristen
- Bangsa ini memiliki agenda untuk menyebarkan misi Kristen di Negara jajahanya.
Kedua Negara ini masih menyisakan pengalaman sejarah pahit selamabeberapa abad ketika berada dibawah kekuasaan Islam. Misalnya Portugis yangmembawa tiga misi Gold Glory dan Gospel (kekayaan, kejayaan dan penyebaran).Ketiga misi inilah yang diteriakkan dalam menaklukan negara-negara itu.


C. C. PERD. PERKEMBANGAN ISLAM PADA MASA MODERN

1. Pada Bidang Akidah

Salah satu pelopor  pembaruan dalam dunia Islam Arab adalah suatu aliran yang bernama Wahabiyah yang sangat berpengaruh di abad ke-19. Pelopornya adalah Muhammad Abdul Wahab (1703-1787 M) yang berasal dari Nejed, SaudiArabia. Pemikiran yang di kemukakan oleh Muhammad Abdul Wahab adalah upayamemperbaiki kedudukan umat Islam dan merupakan reaksi terhadap paham tauhidyang terdapat di kalangan umat Islam pada saat itu. Paham tauhid mereka telahbercampur aduk oleh ajaran-ajaran tarikat yang sejakl abad ke-13 tersebar luas didunia Islam.
Masalah tauhid memang merupakan ajaran yang paling dasar dalam Islam.Oleh  karena  itu,  tidak  mengherankan  apabila  Muhammad  Abdul  Wahabmemusatkan perhatiannya pada persoalan ini. Ia memiliki pokok-pokok pemikiransebagai berikut :
a.  Yang harus disembah hanyalah Allah SWT dan orang yang
     menyembah selaindari Nya telah dinyatakan sebagai musrik 
b. Kebanyakan orang Islam bukan lagi penganut paham tauhid yang
    sebenarnyakarena mereka meminta pertolongan bukan kepada
   Allah, melainkan kepadasyekh, wali atau kekuatan gaib. Orang
   Islam yang berperilaku demikian jugadinyatakanj sebagai musyrik 
c. Menyebut nama nabi,syekh atau malaikat sebagai
   pengantar dalam doa jugadikatakan syirik 
d.  Meminta syafaat selain kepada Allah juga perbuatan syirik
e.  Bernazar kepada selain Allah juga merupakan syirik 
f. Memperoleh pengetahuan selain dari Al Quran,hadis, dan
   qiyas merupakankekufurang.
g. Tidak percaya kepada Qada dan Qadar Allah merupakan kekufuran
h. Menafsirkan Al Quran dengan takwil atau interpretasi
  bebas juga termasukekufuran

2. . Pada Bidang Ilmu Pengetahuan

Islam  merupakan  agama  yang  sangat  mendukung  kemajuan  ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, Islam menghendaki manusia menjalankan kehidupan yang didasarkan rasionalitas atau akal dan iman. Ayat-ayat Al-Qur’an banyak memberi tempat yang lebih tinggi kepada orang yang memiliki ilmu pengetahuan, Islam pun menganjurkan agar manusia jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang telah dimilikinya karena berapa pun ilmu dan pengetahuan yang dimiliki itu masih belum cukup untuk dapat menjawab pertanyaan atau maslah yang ada di dunia  ini. Seperti dalam Firman Allah SWT,

“ Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut menjadi tinta,ditambahkan kepada tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi MahaBijaksana ” (QS Luqman : 27)

Pemikiran dan usaha pembaharuan antara lain sebagai berikut:

a.  Praperiode modern (1250-1800 M)

Sebenarnya  pembaharuan  dan  perkembangan  ilmu  pengetahuan  telah dimulai sejak periode pertengahan, terutama pada masa kerajaan Usmani. Pada abad ke-17 mulai terjadi kemunduran, khususnya ditandai oleh kekalahan – kekalahan yang dialami melalui peperangan melawan negara-negara Eropa.
Sarjana atau fisuf Islam yang termasyur baik di dunia Islam atau barat ialah Ibnu Sina (1031 M) dan Ibnu Rusyd (1198 M). Dalam bidang seni atau syair, penyair Persia Umar Khayam (1031 M) dan penyair lirik Hafiz (1389 M) yang dijuluki Lisan Al Ghaib atau suara dari dunia Ghaib, sangat dikenal luas pada saat itu.

b.  Pembaruan pada periode modern (1800 M – dan seterusnya)

Kaum muslimin memiliki  banyak sekali tokoh-tokoh pembaruan yang pokok-pokok pemikirannya  maupun jasa-jasanya di berbagai  bidang telah memberikan sumbangsih bagi umat Islam di dunia. Beberapa tokoh yang terkenal dalam dunia ilmu pengetahuan atau pemikiran Islam tersebut antara lain sebagai berikut :

-  Jamaludin Al Afgani (Iran 1838 – Turki 1897)
Salah satu sumbangan terpenting di dunia Islam di berikan oleh sayid jamaludin Al Afgani. Gagasannya mengilhami kaum muslim di Turki,Iran,mesir dan  India.  Meskipun  sangat  anti  imperialisme  Eropa,  ia  mengagungkan pencapaian ilmu pengetahuan barat. Ia tidak melihat adanya kontradiksi antara Islam dan ilmu pengetahuan. Namun, gagasannya untuk mendirikan sebuah universitas  yang khusus  mengajarkan  ilmu pengetahuan  modern di Turki menghadapi tantangan kuat dari para ulama. Pada akhirnya ia di usir dari negara tersebut.

-  Muhammad  Abduh  (Mesir  1849-1905)  dan  Muhammad  Rasyd  Rida(Suriah 1865-1935)
Guru dan murid tersebut sempat mengunjungi beberapa negara Eropa dan amat terkesan dengan pengalaman mereka di sana. Rasyd  Rida mendapat pendidikan Islam tradisional dan menguasai bahasa asing (Perancis dan Turki) yang menjadi jalan masuknya untuk mempelajari ilmu pengetahuan secara umum. Oleh karena itu, tidak sulit bagi Rida untuk bergabung dengan gerakan pembaruan Al Afgani dan Muhammad Abduh di antaranya melalui penerbitan jurnal Al Urwah Al Wustha yang diterbitkan di paris dan di sebarkan di Mesir. Muhammad Abduh sebagaimana Muhammad Abdul Wahab dan Jamaludin AlAfgani, berpendapat bahwa masuknya bermacam bid’ah ke dalam ajaran Islam membuat umat Islam lupa akan ajaran-ajaran Islam yang sebenarnya.

- Toha Husein (Mesir Selatan 1889-1973)
Toha Husein adalah seorang sejarawan dan filsuf yang amat mendukung gagasan Muhammad Ali Pasya. Ia merupakan pendukung modernisme yang gigih. Pengadosian terhadap ilmu pengetahuan modern tidak hanya penting dari sudut nilai praktis (kegunaan)nya saja, tetapi juga sebagai perwujudan suatu kebudayaan  yang  amat  tinggi.  Pandangannya  di  anggap  sekularis  karena mengunggulkan ilmu pengetahuan.

-    Sayid Qutub (Mesir 1906-1966) dan Yusuf Al Qardawi
Al  qardawi  menekankan  perbedaan  modernisasi  dan  pembaratan.  Jika modernisasi yang dimaksud bukan berate upaya pembaratan dan memiliki batasan  pada  pemanfaatan  ilmu  pengetahuan  modern  serta  penerapan tekhnologinya, Islam tidak menolaknya bahkan mendukungnya. Pandangan alqardawi ini cukup mewakili pandangan mayoritas kaum muslimin. Secara umum, dunia Islam relative terbuka untuk menerima ilmu pengetahuan dan teknologi sejauh memperhitungkan manfaat praktisnya. Pandangan ini kelak terbukti dan tetap bertahan hingga kini di kalangan muslim. Akan tetapi, dikalangan pemikir yang mempelajari sejarah dan filsafat ilmu pengetahuan,gagasan separti ini tidak cukup memuaskan mereka.

-    Sir Sayid Ahmad Khan (India 1817-1898)
Sir sayid Ahmad Khan adalah pemikir yang menyerukan saintifikasi masyarakat muslim. Seperti halnya Al Afghani,ia menyerukan kaum muslim untuk  meraih  ilmu  pengetahuan  modern.  Akan  tetapi,berbeda  dengan  AlAfghani  ia  melihat  adanya  kekuatan  yang  membebaskan  dalam  ilmu pengetahuan dan tekhnologi modern.

-    Sir Muhammad Iqbal (Punjab  1873-1938)
Generasi awal abad ke-20 adalah Sir Muhammad Iqbal yang merupakan salah seorang muslim pertama di anak Benua India yang sempat mendalami pemikiran  barat modern dan mempunyai latar belakang pendidikan yang bercorak tradisional Islam.pembaruan itu muncul banyak organisasi dan kelembaan Islam pada awal abad ke-20, diantaranya Jamitul Khair, Muhammadiyah, Al Irsyad, Serikat Dagang Islam,Jamiatul Nhdatul Ulama, dll

3. Pada Bidang Kebudayaan

Bangsa  Turki  tercatat  dalam  sejarah  Islam  dengan  keberhasilannya mendirikan dua Dinasti yaitu Dinasti Turki Saljuk dan Dinasti Turki Usmani. Didunia Islam, ilmu pengetahuan modern mulai menjadi tantangan nyata sejak akhir abad ke-18, terutama sejak Napoleon Bonaparte menduduki Mesir pada tahun 1798dan semakin  meningkat setelah sebagian besar dunia Islam menjadi wilayah jajahan atau dibawah pengaruh Eropa.akhirnya serangkaian kekalahan berjalan hingga memuncak dengan jatuhnya dinasti Usmani di Turki.

Kebudayaan  Turki  merupakan  perpaduan  antara  kebudayaan  Persia,Bizantium, dan Arab. Dari kebudayaan Persia, mereka banyak menerima ajaran-ajaran  tentang  etika  dan  tata krama  kehidupan  kerajaan  atau  organisasi pemerintahan. Prinsip kemiliteran mereka dapatkan dari Bizantium, sedangkan dariArab, mereka mendapat ajaran ajaran tentang prinsip ekonomi, kemasyarakatan, dan ilmu pengetahuan.

Orang-orang Turki Usmani dikenal sebagai bangsa yang senang dan mudah berasimilasi dengan bangsa lain dan bersikap terbuka terhadap kebudayaan luar. Para ilmuan ketika itu tidak menonjol. Namun demikian, mereka banyak berkiprah dalam pengembangan seni arsitektur Islam berupa bangunan-bangunan masjid yang indah seperti masjid yang indah seperti masjid yang indah seperti masjid SultanMuhammad Al Fatih, masjid Sulaiman, dan masjid Abu Ayub Al Ansari. Masjid-Masjid tersebut dihiasi pula dengan kaligrafi yang indah. Salah satu masjid yang terkenal dengan keindahan kaligrafinya adalah masjid yang awalnya berasal dari gereja Aya Sophia.

Islam dan kebudayaannya tidak hanya merupakan warisan dari masa silam yang gemilang, namun juga salah satu kekuatan penting yang cukup diperhitungkan dunia dewasa ini .Al-Quran terus menerus dibaca dan dikaji oleh kaum muslim. Budaya Islam pun tetar merupakan faktor pendorong dalam membentuk kehidupan manusia di permukaan bumi.

Toleransi beragama merupakan salah satu kebudayaan Islam dan tidak ada satu pun ajaran Islam yang bersifat rasialisme. Dalam hal ini,agama yang ditegakkan oleh Nabi Muhammad  mengandung amanat  yang mendorong kemajuan  bagi seluruh umat manusia, khususnya umat Islam di dunia.

D.   MANFAAT SEJARAH ISLAM PADA MASA PEMBAHARUAN

1. Sejarah dikemukakan dalam Al-Qur’an sebagai kisah atau peristiwa yang dialami
    umat manusia di masa lalu. Orang yang tidak mau mengambil hikmah dari sejarah
    mendapat kecaman karena mereka tidak mendapat pelajaran apapun dari kisah
    tersebut. Melalui sejarah kita dapat mencari upaya antisipasi agar kekeliruan yang
    mengakibatkan kegagalan di masa lalu tidak terulang di masa yang akan datang.
2. Pelajaran yang dapat diambil dari sejarah dapat menjadi pilihan ketika mengambil
    sikap bagi orang yang mengambil jalan sesuai dengan ajaran dan petunjuknya,
    orang tersebut akan mendapat keselamatan.
3. Pembaharuan  akan  memberi  manfaat  berupa  inspirasi  untuk mengadakan
    perubahan-perubahan sehingga suatu pekerjaan akan menjadi lebih efektif dan
    efisien.
4. Dalam sejarah dikemukakan pula masalah sosial dan politik yang terdapat di
    kalangan bangsa-bangsa terdahulu. Semua itu agar menjadi perhatian dan menjadi
    pelajaran ketika menghadapi permasalahan yang mungkin akan terjadi.
5. Pembaharuan mempunyai pengaruh besar pada setiap pemerintahan,sebagai contoh
    pada zaman Sultan Mahmud II sadar bahwa pendidikan madrasah tradisional tidak
    sesuai lagi dengan tuntutan zaman abad ke-19. oleh karena itu dibuatlah
    pembaharuan-pembaharuan di bidang pendidikan yang  memasukkan  unsur ilmu
    pengetahuan umum kedalam  sistem pendidikan negara tersebut.
6. Corak  atau  bentuk  negara  di  anggap  kalangan  tertentu  bukan persoalan agama,
    tetapi persoalan duniawi sehingga hal tesebut diserahkan kepada manusia untuk
    menentukannya. Hal seperti ini dilakukan oleh Mustafa Kemal Pasya dalam
    menghapus sistem kekhilafan dari kerajaanUsmani.

E.    PERILAKU CERMINAN SEJARAH ISLAM PADA MASA
     PEMBAHARUAN

1. Menyikapi kejadian masa lalu dengan sikap sabar dan menanamkan jihad yang
    sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadits.
2. Sejarah dapat dijadikan sumber inspirasi untuk membuat langkah-langkah inovatif
    agar kehidupan manusia dapat damai dan sejahtera, baik di dunia maupun di
    akhirat.
3. Memotivasi diri terhadap masa depan agar memperoleh kemajuan
    serta mengupayakan agar sejarah yang mengandung nilai negative atau kurang baik
    tidak akan terulang kembali.
4. Membangun masa depan berdasarkan pijakan-pijakan yang telah ada si masa lalu,
    sehingga  dapat  membangun  negara  senantiasa  menjadi  Baldatun Tayyibatun
   Wa  Rabbun  Gafur  atau  negara  yang  baik  dan  mendapat ampunan dari Allah
   SWT.
5. Ilmu pengetahuan dan tehnologi di masa pembaharuan cukup canggih
   dan menakjubkan  sehingga  melalui  proses  belajar  akan  dapat
   diperoleh kemajuan yang lebih baik bagi generasi-generasi muslim di masa depan.

F.    PENGARUH PERKEMBANGAN DUNIA ISLAM TERHADAP
     UMAT SLAM DI INDONESIA

Pembaharuan  di negara-negara timur tengah tidak hanya tersebar di lingkunganmereka sendiri, namun juga meluas hingga ke Indonesia. Pengaruh-pengaruhnyaantara lain sebagai berikut:
1. Gema pembaharuan yang dilakukan oleh Jamaludin Al Afgani dan
    Syekh Muhammad Abdul Wahab sampai juga ke Indonesia terutama terhadap
    tokoh-tokoh seperti H. Muhammad Miskin (Kabupaten Agam, Sumbar), H.Abdul
    Rahman (Kab Lima Puluh Kota, Sumbar),  H Salman Faris (KabTanah  Datar,
    Sumbar).  Mereka  dikenal  dengan  nama  H.  Miskin,  H.Pioabang dan H.
   Sumaniik. Sepulang dari tanah suci mereka terilhami oleh paham Syekh
   Muhammad Abdul Wahhab. Mereka pulang dari tanah suci pada tahun 1803 M dan
   sebagai pengaruh pemikiran para pembaharu Timur Tengah tersebut adalah
   timbulnya gerakan Paderi. Gerakan tersebut ingin membersihkan ajaran Islam yang
   telah bercampur baur dengan perbuatan-perbuatan yang bukan Islam. Hal ini
   menimbulkan pertentangan antaragolongan adat dan golongan Paderi.

2. Pada  tahun  1903  M,  murid-murid  dari  Syekh  Ahmad  Khatib
    AlMinangkabawy, seorang ulama besar bangsa Indonesia di Mekah yangmendapat
    kedudukan mulia di kalangan masyarakat dan pemerintah Arab kembali dari tanah
   suci. Murid-murid dari Syekh Ahmad inilah yangmenjadi  pelopor  gerakan
   pembaharuan  di Minangkabau,  dan akhirnyaberkembang ke seluruh Indonesia.
   Mereka antara lain sebagai berikut: SyekhH. Abdul Malik Karim Amrullah (Buya
   Hamka), Syekh Daud Rasyidi,Syekh Jamil Jambik dan KH. Ahmad Dahlan (pendiri
   Muhammadiyah).

   Munculnya berbagai organisasi dan kelembagaan Islam modern di Indonesia pada
   abad ke-20, baik yang bersifat keagamaan, politik maupun ekonomi.Organisasi
   tersebut ialah sebagai berikut :
  a. Jamiatul Khair (1905 M)
  b. Muhammadiyah (18 November 1912)
  c. Al Irsyad (1914 M)
  d. Persatuan Islam (1923)
  e. Serikat Dagang Islam (1911)
  f. Jamiatul Nahdatul Ulama/NU (13 Januari 1926)
  g. Matla’ul Anwar (1905)
  h. Pergerakan Tarbiyah / PERTI (1928)
  i. Persatuan Muslim Indonesia / PERMI (22 Mei 1930)
  j. Majelis Islam Ala Indonesia (1937)

Dengan  demikian  dapat  disimpulkan  bahwa  gerakan  pembaharuan  yang menyebabkan lahirnya organisasi keagamaan pada mulanya bersifat keagamaan,tetapi seiring dengan kondisi masyarakat pada saat itu kemudian menjelma menjadi kegiatan politik yang menuntut kemerdekaan Indonesia. Dan hal tersebut dirasakan mendapat pengaruh yang signifikan dari pemikir-pemikir para pembaharu Islam,baik di tingkat nasional maupun internasional.

PENUTUP

Pembaharuan dalam paham revivalisasi adalah membangkitkan kembali Islam yang murni sebagaimana yang telah pernah dicontohkan Nabi dan KaumSalaf.  Latar belakang adanya pembaharuan dalam Islam adalah penjajahan dunia barat atas bangsa Islam dan penjajahan barat ke timur tengah.
Perkembangan  ajaran  Islam  saat  itu  meliputi  bidang  akidah,  ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Dalam bidang Akidah dipelopori oleh Muhammad Abdul Wahabiyah atau pendiri aliran Wahabiyah. Yang pemikirannya adalah upaya memperbaiki keadaan umat Islam dan merupakan reaksi dari paham tauhid yang terdapat di kalangan umat Islam saat itu. Dalam bidang ilmu pengetahuan banyak kita temui sarjana-sarjana atau filsuf Islam yang termasyur baik di dunia Islam dan dunia  barat. Dalam bidang kebudayaan,  kita kenal kebudayaan Turki yang mengajarkan  tentang etika dan tata krama  kehidupan kerajaan  atau  organisasi pemerintahan. Selain itu di bidang seni berkembang arsitektur Islam berupa bangunan masjid yang indah, dan lain-lain.
Manfaat  akan  adanya  pembaruan  dalam  Islam  sangat  penting  dalam kehidupan Islam saat ini, misalnya adanya sejarah dan hikmah yang bisa diambil,memberikan inspirasi untuk perubahan yang menjadikan pekerjaan lebih efektif dan efisien, masalah sosial politik, pembaharuan dalam bidang pemerintahan, serta menghapus sistem kekhilafan dari kerajaan Usmani.
Pengaruh perkembangan dunia Islam terhadap umat Islam di Indonesia mengakibatkan beberapa dampak yang sangat positif. Bahkan dengan adanya pembaruan itu muncul banyak organisasi dan kelembaan Islam pada awal abad ke-20, diantaranya Jamitul Khair, Muhammadiyah, Al Irsyad, Serikat Dagang Islam,Jamiatul Nhdatul Ulama, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar