Standar Kompetensi:
1. Mahasiswa mampu mendefinisikan makna berfikir
2. Mahasiswa mampu menjelaskan aktivitas
berfikir/ cara kerja otak dan personal barriers
3. Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam
keterampilan berfikir
4. Mahasiswa mampu menggunakan alat berfikir
untuk meningkatkan kemampuan berfikir
5. Mahasiswa mampu menjelaskan pola berfikir
kritis, berfikir kreatif dan berfikir inovativ
6. Mahasiswa mampumengembangkan salah satu
pembelajaran keterampilan berfikir
Kompetensi
Dasar:
1.
Mahasiswa
dapat mendeskripsikan minimal 20 macam definisi dan makna berfikir
2.
Mahasiswa
dapat mejelaskan cara kerja otak kiri, otak kanan, dan otak tengah dan hal-hal
yang menghalangi cara kerja otak (personal barriers)
3.
Mahasiswa
dapat menjelaskan macam-macam keterampilan berfikir kritis dan kreatif
4.
Mahasiswa
dapat menggunakan alat berfikir untuk meningkatkan keterampilan berfikir
kritis, berfikir kreatif, dan berfikir inovatif
5.
Mahasiswa
dapat mejelaskan pola berfikir kritis, berfikir kreatif dan berfikir inovativ
6.
Mahasiswa
dapat mengembangkan salah satu pembelajaran keterampilan berfikir
Deskripsi
Mata Kuliah
Salah
satu definisi berfikir adalah proses mental yang kompleks yang melibatkan otak,
hati dan rasa untuk mengambil satu keputusan (Wahidin, 2004). Kemampuan orang
untuk berfikir menggunakan otak, hati, dan rasa dikenal dengan istilah
kemampuan berfikir (thinking skills) (Wahidin, 2004). Ternyata manusia dapat
mengembangkan keterampilan berfikirnya dengan cara belajar, dan berlatih.
Sehingga keterampilan berfikir pada manusia dapat dilatih, seperti halnya
aktivitas tubuh yang lain. Misalnya olah raga tenis meja, badminton, catur, dan
yang lainnya. Mata kuliah ini membahas secara konseptual tentang what is
thingking (definision and meaning), personal barriers, sensing, brain and
memory, language our thinking medium, feeling, creative thinking, organizing,
logical thinking, scientific thinking, problem solving, evaluating, decision
and action and the challenge to go on thinking (Gary R Kirby, 1999). Selain itu
bagaimana mencoba mengkaji pembelajaran keterampilan berfikir yang akan dibahas
dalam teaching critical thinking (Bell Hooks, 2012). Kemudian mengembangkan
keterampilan berfikir pada siswa yang dikaji dalam Improving student thinking a
comprehensive approach (Barry K. Beyer, 1997)
Topik Inti Mata Kuliah:
a.
Penjelasan Silabus dan Deskripsi Mata
Kuliah
b.
Definisi dan Makna Berfikir (Konseptual
dan Pengembangannya)
c.
Mengembangkan Keterampilan Berfikir
d.
Diskusi tentang What is Thinking
(definition and meaning)
e.
Diskusi tentang Personal Barriers
f.
Diskusi tentang Sensing, Brain and Memory
g.
Diskusi tentang Language Our Thinking
Medium
h.
Diskusi tentang Feeling, Creative
Thinking
i.
UTS
j.
Diskusi tentang Logical Thinking
k.
Diskusi tentang Scientific Thinking
l.
Diskusi tentang Persuasive Thinking
m.
Diskusi tentang Problem Solving,
Evaluating
o.
Diskusi tentang Guiding and Supporting
Student Thinking dan Integrating in Thinking and Subject Matter
p.
UAS
Refferensi:
1. Barry K. Beyer, 1997, Improving Student
thinking A Comprehensive Approach, Allyn and Bacon, London, Toronto, Sydney,
Tokyo, Singapore.
2. Bell Hook, 2010, Teaching Thinking Skill,
Routledge, New York and London
3. Garry R. Kirby, Jeffery R. Goodpaster, 1999,
Thinking, Prentice Hall, New York.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar