Total Tayangan Halaman

Kamis, 04 Oktober 2012

SILABUS PSIKOLOGI BERFIKIR




Standar Kompetensi:
1.      Mahasiswa mampu mendefinisikan makna berfikir
2.      Mahasiswa mampu menjelaskan aktivitas berfikir/ cara kerja otak dan personal barriers
3.      Mahasiswa mampu menjelaskan macam-macam keterampilan berfikir
4.      Mahasiswa mampu menggunakan alat berfikir untuk meningkatkan kemampuan berfikir
5.      Mahasiswa mampu menjelaskan pola berfikir kritis, berfikir kreatif dan berfikir inovativ
6.      Mahasiswa mampumengembangkan salah satu pembelajaran keterampilan berfikir



Kompetensi Dasar:
1.      Mahasiswa dapat mendeskripsikan minimal 20 macam definisi dan makna berfikir
2.      Mahasiswa dapat mejelaskan cara kerja otak kiri, otak kanan, dan otak tengah dan hal-hal yang menghalangi cara kerja otak (personal barriers)
3.      Mahasiswa dapat menjelaskan macam-macam keterampilan berfikir kritis dan kreatif
4.      Mahasiswa dapat menggunakan alat berfikir untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis, berfikir kreatif, dan berfikir inovatif
5.      Mahasiswa dapat mejelaskan pola berfikir kritis, berfikir kreatif dan berfikir inovativ
6.      Mahasiswa dapat mengembangkan salah satu pembelajaran keterampilan berfikir



Deskripsi Mata Kuliah
Salah satu definisi berfikir adalah proses mental yang kompleks yang melibatkan otak, hati dan rasa untuk mengambil satu keputusan (Wahidin, 2004). Kemampuan orang untuk berfikir menggunakan otak, hati, dan rasa dikenal dengan istilah kemampuan berfikir (thinking skills) (Wahidin, 2004). Ternyata manusia dapat mengembangkan keterampilan berfikirnya dengan cara belajar, dan berlatih. Sehingga keterampilan berfikir pada manusia dapat dilatih, seperti halnya aktivitas tubuh yang lain. Misalnya olah raga tenis meja, badminton, catur, dan yang lainnya. Mata kuliah ini membahas secara konseptual tentang what is thingking (definision and meaning), personal barriers, sensing, brain and memory, language our thinking medium, feeling, creative thinking, organizing, logical thinking, scientific thinking, problem solving, evaluating, decision and action and the challenge to go on thinking (Gary R Kirby, 1999). Selain itu bagaimana mencoba mengkaji pembelajaran keterampilan berfikir yang akan dibahas dalam teaching critical thinking (Bell Hooks, 2012). Kemudian mengembangkan keterampilan berfikir pada siswa yang dikaji dalam Improving student thinking a comprehensive approach (Barry K. Beyer, 1997)



Topik Inti Mata Kuliah:
a.      Penjelasan Silabus dan Deskripsi Mata Kuliah
b.      Definisi dan Makna Berfikir (Konseptual dan Pengembangannya)
c.       Mengembangkan Keterampilan Berfikir
d.      Diskusi tentang What is Thinking (definition and meaning)
e.       Diskusi tentang Personal Barriers
f.       Diskusi tentang Sensing, Brain and Memory
g.      Diskusi tentang Language Our Thinking Medium
h.      Diskusi tentang Feeling, Creative Thinking
i.        UTS
j.        Diskusi tentang Logical Thinking
k.      Diskusi tentang Scientific Thinking
l.        Diskusi tentang Persuasive Thinking
m.    Diskusi tentang Problem Solving, Evaluating
o.      Diskusi tentang Guiding and Supporting Student Thinking dan Integrating in Thinking and Subject Matter
p.      UAS




Refferensi:
1.      Barry K. Beyer, 1997, Improving Student thinking A Comprehensive Approach, Allyn and Bacon, London, Toronto, Sydney, Tokyo, Singapore.
2.      Bell Hook, 2010, Teaching Thinking Skill, Routledge, New York and London
3.      Garry R. Kirby, Jeffery R. Goodpaster, 1999, Thinking, Prentice Hall, New York.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar