Total Tayangan Halaman

Kamis, 04 Oktober 2012

SILABUS EVALUASI PENDIDIKAN S3




Tujuan:
Diakhir perkuliahan diharapkan Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar Evalusi Pendidikan, serta mampu menerapkan konsep-konsep tersebut dalam melaksanakan evalusi belajar Mahasiwa.

Bobot: 3 sks

Deskripsi; Mata Kuliah ini membahas mengenai



1.  Konsep dan teori-teori evaluasi pendidikan terkait dengan Materi yang dibahas adalah : Pengertian, pengukuran, penilaian, dan alat evaluasi. Tujuan dan fungsi penilaian. Prinsip dan alat evaluasi. Teknik evaluasi hasil belajar. Test dan nontest untuk mengukur hasil belajar. Teknik penyusunan dan pelaksanaan test hasil belajar. Teknik pengujian hasil validitas test dan validitas item test hasil belajar. Teknik pengujian reliabilitas test hasil belajar. Teknik pemeriksaa, pemberian skor dan pengolahan test hasil belajar, dan teknik penganalisaan item test hasil belajar.
2.    Evaluasi makro (program), meliputi CIPP (Context Input Process Product), Evaluasi Konteks terhadap kebutuhan, tujuan pemenuhan dan karakteristik individu, Evaluasi Masukan, Evaluasi Proses, Model Kesenjangan (diskrepansi), Evaluasi mikro (kelas), Pengembangan Evaluasi Program dan Desain Evalusi yang meliputi: tujuan, kegiatan, sarana fasilitas person, hasil keluaran serta langkah-langkah penyusunan yang meliputi latar belakang, problematika, tujuan, instrument, dan sumber data srta teknik analisi data.


Topik Inti Mata Kuliah:

a.      Pengertian dan Ruang Lingkup Evaluasi Pendidikan
b.      Pengertian Evaluasi dan Evaluasi Pendidikan, perbedaan antara Evaluasi, Pengukuran dan Penilaian. Tujuan, dan Funsi Evalusi Pendidikan
c.       Teknik Evaluasi Hasil Belajar; Prinsip Dasar Evaluasi, Cri-ciri Evaluasi
d.      Teknik Test; Pengertian Fungsi, dan Penggolongan Test
e.       Teknik Nontest; Pengamatan, wawancara, Angket, dan Pemeriksaan Dokument
f.       Teknik Penyusunan Test Hasil Belajar; Ciri-ciri Test Hasil Belajar Yang Baik, Prinsip Dasar Dalam Penyususnan Test, dan Bentuk-bentuk Test hasil Belajar, Teknik Penyusunan serta Tabel Spesifikasi.
g.      Menentukan Validitas Test dan Validitas Item Test Hasil Belajar (latihan)
h.      Teknik Pengujian Reliabilitas Test Hasil Belajar
i.        Teknik Memeriksa Test Hasil Belajar dan Teknik Pemberian Skor Test Hasil Belajar
j.        Teknik Menganalisa Item Test Hasil Belajar; Analisis Derajat Kesukaran Item, Analisis Pembeda Item dan Analisis Fungsi Distraktor
k.      Teknik Dalam Pembentukan Nilai Akhir; Pengertian, Fungsi, dan Faktor-faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Menentukan Nilai Akhir
l.        Mengolah Nilai; Skala Penilaian
m.    Menetukan Kedudukan Siswa Dalam Kelompok
n.      Analisis Hasil Belajar dengan Menggunakan Software (labor)
o.      Evaluasi Makro (Program), meliputi CIIP (Context Input Process Product), Evaluasi Konteks Terhadap Kebutuhan, Tujuan Pemenuhan dan Karakteristik Individu, Evaluasi Masukan, Evaluasi Proses, Model Kesenjangan (Diskrepansi)
p.      Evaluasi Mikro (kelas)
q.      Pengembangan Evaluasi Program


DAFTAR PUSTAKA
a.       Prof. Drs. Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada.
b.      Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evalusi Pendidikan, PT. Bumi Aksara.
c.       Sambas ali Muhiddin, S.Pd, M.Si dkk. Analisis Korelasi, Regresidan Jalur. PT. Pustaka Setia, Bandung
d.      Drs. M. Chabib Thoha, MA, Teknik Evaluasi Pendidikan, PT. Raja Wali Pers
e.       Drs. Slameto, Evaluasi Pendidikan, Bina Aksara
f.       Program Anates








Tidak ada komentar:

Posting Komentar