Tujuan:
Diakhir perkuliahan diharapkan Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar
Evalusi Pendidikan, serta mampu menerapkan konsep-konsep tersebut dalam
melaksanakan evalusi belajar Mahasiwa.
Bobot: 3 sks
Deskripsi; Mata Kuliah ini membahas mengenai
1. Konsep dan teori-teori evaluasi pendidikan
terkait dengan Materi yang dibahas adalah : Pengertian, pengukuran, penilaian,
dan alat evaluasi. Tujuan dan fungsi penilaian. Prinsip dan alat evaluasi.
Teknik evaluasi hasil belajar. Test dan nontest untuk mengukur hasil belajar. Teknik
penyusunan dan pelaksanaan test hasil belajar. Teknik pengujian hasil validitas
test dan validitas item test hasil belajar. Teknik pengujian reliabilitas test
hasil belajar. Teknik pemeriksaa, pemberian skor dan pengolahan test hasil
belajar, dan teknik penganalisaan item test hasil belajar.
2. Evaluasi makro (program), meliputi CIPP
(Context Input Process Product), Evaluasi Konteks terhadap kebutuhan, tujuan
pemenuhan dan karakteristik individu, Evaluasi Masukan, Evaluasi Proses, Model
Kesenjangan (diskrepansi), Evaluasi mikro (kelas), Pengembangan Evaluasi
Program dan Desain Evalusi yang meliputi: tujuan, kegiatan, sarana fasilitas
person, hasil keluaran serta langkah-langkah penyusunan yang meliputi latar
belakang, problematika, tujuan, instrument, dan sumber data srta teknik analisi
data.
Topik Inti Mata Kuliah:
a.
Pengertian dan Ruang Lingkup Evaluasi
Pendidikan
b.
Pengertian Evaluasi dan Evaluasi Pendidikan,
perbedaan antara Evaluasi, Pengukuran dan Penilaian. Tujuan, dan Funsi Evalusi
Pendidikan
c.
Teknik Evaluasi Hasil Belajar; Prinsip
Dasar Evaluasi, Cri-ciri Evaluasi
d.
Teknik Test; Pengertian Fungsi, dan
Penggolongan Test
e.
Teknik Nontest; Pengamatan, wawancara,
Angket, dan Pemeriksaan Dokument
f.
Teknik Penyusunan Test Hasil Belajar;
Ciri-ciri Test Hasil Belajar Yang Baik, Prinsip Dasar Dalam Penyususnan Test,
dan Bentuk-bentuk Test hasil Belajar, Teknik Penyusunan serta Tabel
Spesifikasi.
g.
Menentukan Validitas Test dan Validitas
Item Test Hasil Belajar (latihan)
h.
Teknik Pengujian Reliabilitas Test Hasil
Belajar
i.
Teknik Memeriksa Test Hasil Belajar dan
Teknik Pemberian Skor Test Hasil Belajar
j.
Teknik Menganalisa Item Test Hasil
Belajar; Analisis Derajat Kesukaran Item, Analisis Pembeda Item dan Analisis
Fungsi Distraktor
k.
Teknik Dalam Pembentukan Nilai Akhir;
Pengertian, Fungsi, dan Faktor-faktor Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam
Menentukan Nilai Akhir
l.
Mengolah Nilai; Skala Penilaian
m.
Menetukan Kedudukan Siswa Dalam Kelompok
n.
Analisis Hasil Belajar dengan Menggunakan
Software (labor)
o.
Evaluasi Makro (Program), meliputi CIIP
(Context Input Process Product), Evaluasi Konteks Terhadap Kebutuhan, Tujuan
Pemenuhan dan Karakteristik Individu, Evaluasi Masukan, Evaluasi Proses, Model
Kesenjangan (Diskrepansi)
p.
Evaluasi Mikro (kelas)
q.
Pengembangan Evaluasi Program
DAFTAR
PUSTAKA
a. Prof. Drs. Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi
Pendidikan, PT. Raja Grafindo Persada.
b. Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar
Evalusi Pendidikan, PT. Bumi Aksara.
c. Sambas ali Muhiddin, S.Pd, M.Si dkk. Analisis
Korelasi, Regresidan Jalur. PT. Pustaka Setia, Bandung
d. Drs. M. Chabib Thoha, MA, Teknik Evaluasi
Pendidikan, PT. Raja Wali Pers
e. Drs. Slameto, Evaluasi Pendidikan, Bina
Aksara
f. Program Anates
Tidak ada komentar:
Posting Komentar