SOAL UTS
SUPERVISI PENDIDIKAN
(Take Home)
Mata
Kuliah : Supervisi Pendidikan
Konsentrasi
: PPI (semester III)
Dosen
: Prof. Dr. Hj. Mintarsih Danumihardja, M.Pd.
Hari/ Tanggal :
Jum’at. November 2012
Tahun
: 20012/2013
NB:
Jawaban
dikumpulkan awal Desember
Soal:
1.
Jelaskan
pengertian, tujuan, peran dan ruang lingkup dari supervisi pendidikan!
2.
Kepala
sekolah sebagai pemimpin mempunyai tugas sebagai administrator dan supervisor.
Jelaskan perbedaan peran kepala sekolah sebagai administrator dan sebagai supervisor!
3.
Mengapa
lembaga pendidikan terutama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran perlu
adanya supervisi!
4.
Jelaskan
guru sebagai supervisor harus menunjukan karakteristik professional sebagai
berikut:
a.
Menerangkan
topik yang diajarkan dengan baik
b.
Menerangkan
dengan jelas dan logis
c.
Menyampaikan
materi dengan sistematis
d.
Mempunyai
kemampuan ekspresi diri
e.
Mempunyai
kemampuan membangkitkan motivasi belajar siswa
f.
Mempunyai
kemampuan membuat rencana program pembelajaran (RPP)
5.
Jelaskan
bahwa manajemen mutu terpadu dalam pendidikan merupakan sebuah inovasi yang
akan menerapkan manajemen mutu terpadu!
Educational
Supervision (midterms)
(Take Home)
Subject : Educational Supervision
Concentration : PPI (semester III)
Lecturer : Prof. Dr. Hj. Mintarsih Danumihardja, M.Pd.
Year : 20012/2013
Note:
Answers were collected on December
Problem:
Answers were collected on December
Problem:
1. Explain the meaning, purpose,
role and scope of
educational supervision!
2. The school principal as a leader has
the task as an administrator and
supervisor. Explain the difference in the principal role as an administrator and as an supervisor!
3. Why educational institutions,
especially in improving the quality of
teaching needs to be supervised!
4. Describe the teacher as a
professional supervisor must demonstrate the following characteristics:
a. Describe the topics taught
well
b. Explained clearly and logically
c. Delivering the material in a
systematic
d. Have the ability of self-expression
e. Have the ability to raise students'
motivation
f. Having the ability to
plan the learning program (PLP)
5. Explain that the integrated
quality management in education
is an innovation that will implement
the integrated quality management!
الإشراف التربوي (الانتخابات النصفية)
الموضوع : الإشراف التربوي
برنامج الدراسة : علم النفس التربوي الإسلامي
برنامج الدراسة : علم النفس التربوي الإسلامي
Prof. Dr. Hj. Mintarsih Danumihardja, M.Pd. المحاضر :
. شرح
معنى وغرض ودور ونطاق الإشراف التربوي!١
. مدير المدرسة كقائد لديه مهمة
كمسؤول والمشرف. شرح الفرق في الدور الرئيسي٢
كمسؤولوباعتباره المشرف!
٣. لماذا
المؤسسات التعليمية، وخاصة في تحسين نوعية التعليم يجب أن تكون تحت
إشراف!
. وصف
المعلم كمشرف المهنية يجب أن تثبت الخصائص التالية:٤
أ. وصف الموضوعات تدرس جيدا
ب. شرح واضح ومنطقي
ت. تسليم المواد في منهجية
ث. لديها القدرة للتعبير عن الذات
ج. لديهم القدرة على رفع دافعية الطلاب
ح. لديها القدرة على التخطيط لبرنامج التعلم
ب. شرح واضح ومنطقي
ت. تسليم المواد في منهجية
ث. لديها القدرة للتعبير عن الذات
ج. لديهم القدرة على رفع دافعية الطلاب
ح. لديها القدرة على التخطيط لبرنامج التعلم
. مدير
المدرسة كقائد لديه مهمة كمسؤول والمشرف. شرح الفرق في الدور الرئيسي٥
كمسؤول وكمسؤول!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar