Total Tayangan Halaman

Jumat, 20 April 2012

Latihan Soal Jawaban Psikologi Pendidikan Bab 12

Latihan Soal Jawaban Psikologi Pendidikan  Bab 12


 
Contoh Soal Latihan UTS/UAS Bab. 12
PELAJAR YANG MEMPUNYAI PENGECUALIAN


Latihan soal:
1.      Apa yang Anda Ketahui tentang Pelajar yang mempunyai Pengecualian untuk meningkatkan Pengajaran dan Pembelajaran?
Jawaban:
Guru yang intensional menikmati tanggung jawab mereka untuk menjangkau masing-masing siswa mereka. Mereka menciptakan lingkungan yang merangkul semua orang dan bertekad untuk menumbuhkan pembelajaran bagi semua. Guru yang intensional berperan sebagai anggota tim professional, guru bekerjasama untuk memenuhi kebutuhan siswa yang mempunyai kebutuhan khusus.

Kemudian daripada semua hal itu, maka ada beberapa hal yang perlu kita ketahui bersama yakni:
a.       Tentang harapan-harapan saya untuk diketahui dan sanggup dilakukan siswa-siswa saya pada akhir pelajaran ini serta bagaimana hal ini mempunyai andil bagi tujuan pengajaran dan bagi kebutuhan siswa untuk menjadi orang-orang yang mampu yaitu……(saya gambarkan sebagai berikut dibawah ini)
Saya memikirkan sasaran yang telah saya tentukan bagi pembelajaran siswa. Saya mempertimbangkan sejauhmana masing-masing sasaran ini sesuai bagi pelajar yang mempunyai kebutuhan khusus sehingga saya memutuskan untuk segera bekerjasama dengan para profesioanal lain untuk merumuskan pernyataan sasaran yang resmi, termasuk Program Pendidikan Individualisasi yang menentukan sasaran dan pengajaran yang sesuai bagi siswa saya yang mempunyai kebutuhan khusus.
Misalnya, saya membayangkan bahwa Sulle dan Nunung adalah dua siswa yang mempunyai ketidakmampuan belajar dalam membaca, berjuang dengan teks di kelas saya dengan demikian saya berkonsultasi dengan guru pendidikan khusus tersebut.
Dia (para professional guru pendidikan khusus ) mengkaji IEP siswa tersebut bersama saya dengan mencatat bahwa pemahaman membaca adalah sasaran bagi kedua siswa tersebut pada tahun ini. Secara bersama-sama saya berbicara tentang kemungkinan penyesuian sasaran pengajaran saya bagi Sulle dan Nunung dan saya membahas perubahan pelajaran yang sesuai. Saya berbicara dengan orang tua tersebut yang memberi pemahaman kepada saya tentang strategi yang telah mereka temukan berhasil.

b.      Tentang beberapa pengetahuan, kemampuan dan minat yang dimiliki siswa saya yang harus diperhitungkan dalam pelajaran tersebut  yaitu…..(saya gambarkan sebagai berikut dibawah ini)

Identifikasi kebutuhan pendidikan khusus siwa dapat dimulai sebelum siswa memasuki sekolah formal. Ketika siswa yang mempunyai kebutuhan khusus yang telah terdokumentasikan ditempatkan ke kelas saya kemudian saya memulai berbicara dengan siswa  atau berbiccar dengan orang tua mereka juga memulai berbicara dengan para professional tentang kecendrungan dan keberhasilan masa lalu siwa tersebut.
Saya mengkaji catatan masa lalu. Misalnya saya membayangkan bahwa Tarno yaitu seorang siswa kelas lima yang mempunyai kelemahan penglihatan sedang bergabung dengan kelas saya. Saya dapat melangsungkan pertemuan tidak resmi dengan Tarno atau dengan orang tuanya dan guru sumber daya. Mereka memberikan kepada saya informasi tentang strategi yang membantu Tarno dan dia berbicara dengan terbuka tentang kesukaan dan keluhannya tersebut. Mereka juga merujuk saya pada seorang rekan kerja saya yang sangat berhasil tahun lalu dengan menyediakan lingkungan yang mendukung tanpa berkutat terlalu banyak pada penglihatan Tarno.
Saya dapat mencari teknologi yang membantu contohnya adalah seperti computer yang dapat memperbesar teks bacaan sehingga saya gunakan untuk membantu Tarno berpartisipasi dengan berhasil dikelas.

c.       Tentang yang saya ketahui mengenai tentang isi, perkembangan anak, pembelajaran, motivasi dan strategi pengajaran yang efektif yang dapat saya gunakan untuk mencapai tujuan saya tersebut ialah….(saya gambarkan sebagai berikut dibawah ini)

Siswa dapat mempunyai kebutuhan khusus yang belum di identifikasi. Saya mengamati dengan seksama untuk melihat tanda-tanda bahwa siswa membutuhkan dukungan tambahan. Misalnya saya membayangkan bahwa Retno yang duduk dibarisan belakang sering melihat keluar jendela atau tampak bingung selama dalam pelajaran saya tersebut.
Dengan memperhatikan perbedaan dalam pengucapannya saya mencurigai kelemahan pendengaran dan merujuknya untuk mengikuti ujian. Sementara itu saya berusaha memindahkannya kebarisan depan dan memberikan masukan visual untuk mendukung pengajaran yang sedang berlangsung di kelas.




d.      Tentang ketersediaan bahan pengajaran, teknologi, bantuan dan sumber daya lainnya yang saya miliki untuk membantu mencapai tujuan saya tersebut ialah………(saya gambarkan sebagai berikut dibawah ini)

Guru perlu menciptakan lingkunagn sosial yang menumbuhkan penerimaan terhadap semua siswa. Saya berfikir keras bagaimana agar saya dapat mendorong siswa agar saling menerima dan saling membantu sebagai individu. Misalnya saya membayangkan bahwa Soeharto adalah seorang siswa yang menderita cidera otak yang kemudian saya tempatkan diruang kelas saya tersebut. Saya bersama  siswa-siswi yang lain melakukan rapat di ruang kelas untuk membahas cara menyambut seorang siswa baru.
Saya juga dapat berbicara tentang bidang-bidang dimana teman kelas telah saling membantu tahun ini dan gagasan bahwa saya telah diuntungkan dengan ide cemerlang ini yaitu dengan cara saling bekerjasama antara satu sama lain yang merupakan salah satu dari banyak kelebihan saya. Saya dapat membagikan “lamaran kerja” untuk jabatan sebagai “sahabat” bagi siswa baru ketika beberapa siswa berteiak-teriak untuk menjadi sahabat Soeharto.



e.       Tentang bagaimana cara saya berencana menilai kemajuan siswa kearah sasaran/ tujuan yang say maksud tersebut, ialah……(jawabannya seperti jawaban pada latihan soal B)
f.       Tentang bagaimana cara saya menanggapi apabila masing-masing anak atau kelas tersebut secara keseluruhan tidak berada pada jalur menuju keberhasilan yang telah ditentukan dan beberapa tentang rencana cadangan saya, yaitu……(jawabannya seperti jawaban pada latihan soal B)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar