KOMPREHENSIF TULIS.2013
Pendidikan Islam
(For: PPI/MPI/PAI/EKOS/PERDAIS)
1. Nabi adalah
seorang ahli pendidikan yang mencetuskan ide tentang “sistem pendidikan seumur
hidup”. Jelaskan seluas-luasnya tentang hal tersebut terkait dengan sistem
pendidikan yang bersifat nasional dan internasional!.
2. Dalam Islam
dikenal dengan tiga istilah pendidikan, yaitu: “Tarbiyah, Ta’lim, Ta’dib”.
Jelaskan pengertian ketiga istilah tersebut dan berikan analisa secukupnya
terkait dengan tujuan pendidikan!.
3. Dalam
sejarah pendidikan Islam, dikenal nama lembaga pendidikan yang masing-masing
mempunyai peranan dalam mencapai target dan tujan pendidikan yaitu “halaqah,
madrasah dan pesantren”. Jelaskan dengan analisa perbandingan dengan
penjelasan seluas-luasnya tentang ketiga jenis lembaga tersebut!.
4. Di
Indonesia pesantren telah berjasa besar dalam mendidik umat Islam. Dalam
perkembangannya pada masa sekarang ini pesantren ada yang bersifat
tradisional dan adapula yang bersifat modern. Jelaskan dan bandingkan antara
keduanya serta berikan contoh masing-masing beserta profilnya!.
5. KH. Ahmad
Dahlan dikenal sebagai pionir dalam mengembangkan pendidikan agama melalui
jalur sekolah. Jelaskan ide-ide beliau dan karya-karya beliau dalam membina
pendidikan!.
6. KH. Hasyim
Asy’ari adalah tokoh pendidikan yang berjasa dalam membina dan mengembangkan pesantren
di Indonesia. Jelaskan peranan dan karya-karya beliau!.
Comprehensive Examination (written).2013
ISLAMIC EDUCATION
(For: PPI/MPI/PAI/EKOS/PERDAIS)
1. Prophet is an expert educator
who sparked the idea of "lifelong education system". Explain the
broadest of terms related to the education
system that is nationally
and internationally!.
2. In Islam is known as the
three terms of education, namely: "Tarbiyah, Ta'lim, Ta'dib". Explain
the meaning of these three terms and
provide sufficient analysis related to educational
goals!.
3. In the history of Islamic education, the institution known names each
have a role in achieving the targets and goals
of education is "halaqah, madrassas and boarding
school". Explain the comparative analysis with the broadest explanation of the three types of
these institutions!.
4. Boarding school in Indonesia
has made a large
contribution in educating Muslims. In
development at the present time there
are in traditional schools and those that are
modern. Describe and
compare between them and give examples of
each along with their profile!.
5. KH. Ahmad Dahlan is known
as a pioneer in the development of religious education in schools. Explain his ideas
and his works
in fostering education!.
6. KH. Hasyim is a meritorious
educational leaders in nurturing and developing the boarding school in Indonesia. Explain
the role and his
works!.
الامتحان الشامل (مكتوبة). (٢٠١٣)
التربية الإسلامية
(For: PPI/MPI/PAI/EKOS/PERDAIS)
المشكلة:
١. النبي هو مرب خبراء منظمة الصحة
العالمية أثارت فكرة "النظام
التعليم مدى الحياة". شرح أوسع للمصطلحات المتصلة
بنظام التعليم الذي هو وطنيا ودوليا!
٢. في الإسلام كما هو معروف في المصطلحات الثلاثة من التعليم،
وهي: "التربيه، التعليم، التعديب". شرح معنى هذه
المصطلحات الثلاثة وتقديم تحليل كافية تتعلق الأهداف التربوية!
٣. في تاريخ التربية الإسلامية، المؤسسة أسماء معروفة لكل منا دورا
في تحقيق الأهداف والغايات من التعليم هو "الحلقة،
والمدراسة، الفسينتين". شرح تحليل مقارن مع أوسع شرح لثلاثة أنواع من هذه
المؤسسات!
٤. الفسينتين في إندونيسيا قد ساهم مساهمة كبيرة في توعية
المسلمين. في التنمية في الوقت الحاضر هناك في المدارس
التقليدية وتلك التي هي حديثة. وصف والمقارنة بينها وبين إعطاء أمثلة عن كل جنبا
إلى جنب مع ملفهم الشخصي!
٥. ش. ة. أحمد دحلان. هو معروف بوصفه رائدا في تطوير
التعليم الديني في المدارس. شرح
أفكاره وأعماله في تعزيز التعليم!
٦. ش. ة . هاشيم. هو
القيادات التعليمية جدارة في رعاية
وتطوير مدرسة داخلية في اندونيسيا. شرح دور وأعماله!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar