Total Tayangan Halaman

Sabtu, 20 April 2013

KOMPREHENSIF TULIS.2013. smtr 4. Pendidikan Islam.







KOMPREHENSIF TULIS.2013
Pendidikan Islam
(For: PPI/MPI/PAI/EKOS/PERDAIS)



1.      Nabi adalah seorang ahli pendidikan yang mencetuskan ide tentang “sistem pendidikan seumur hidup”. Jelaskan seluas-luasnya tentang hal tersebut terkait dengan sistem pendidikan yang bersifat nasional dan internasional!.
2.      Dalam Islam dikenal dengan tiga istilah pendidikan, yaitu: “Tarbiyah, Ta’lim, Ta’dib”. Jelaskan pengertian ketiga istilah tersebut dan berikan analisa secukupnya terkait dengan tujuan pendidikan!.
3.      Dalam sejarah pendidikan Islam, dikenal nama lembaga pendidikan yang masing-masing mempunyai peranan dalam mencapai target dan tujan pendidikan yaitu “halaqah, madrasah dan pesantren”. Jelaskan dengan analisa perbandingan dengan penjelasan seluas-luasnya tentang ketiga jenis lembaga tersebut!.
4.      Di Indonesia pesantren telah berjasa besar dalam mendidik umat Islam. Dalam perkembangannya pada masa sekarang ini pesantren ada yang bersifat tradisional dan adapula yang bersifat modern. Jelaskan dan bandingkan antara keduanya serta berikan contoh masing-masing beserta profilnya!.
5.      KH. Ahmad Dahlan dikenal sebagai pionir dalam mengembangkan pendidikan agama melalui jalur sekolah. Jelaskan ide-ide beliau dan karya-karya beliau dalam membina pendidikan!.
6.      KH. Hasyim Asy’ari adalah tokoh pendidikan yang berjasa dalam membina dan mengembangkan pesantren di Indonesia. Jelaskan peranan dan karya-karya beliau!.







Comprehensive Examination (written).2013
ISLAMIC EDUCATION
(For: PPI/MPI/PAI/EKOS/PERDAIS)




1.      Prophet is an expert educator who sparked the idea of "lifelong education system". Explain the broadest of terms related to the education system that is nationally and internationally!.
2.      In Islam is known as the three terms of education, namely: "Tarbiyah, Ta'lim, Ta'dib". Explain the meaning of these three terms and provide sufficient analysis related to educational goals!.
3.      In the history of Islamic education, the institution known names each have a role in achieving the targets and goals of education is "halaqah, madrassas and boarding school". Explain the comparative analysis with the broadest explanation of the three types of these institutions!.
4.      Boarding school in Indonesia has made ​​a large contribution in educating Muslims. In development at the present time there are in traditional schools and those that are modern. Describe and compare between them and give examples of each along with their profile!.
5.      KH. Ahmad Dahlan is known as a pioneer in the development of religious education in schools. Explain his ideas and his works in fostering education!.
6.      KH. Hasyim is a meritorious educational leaders in nurturing and developing the boarding school in Indonesia. Explain the role and his works!.








الامتحان الشامل (مكتوبة). (٢٠١٣)
التربية الإسلامية
(For: PPI/MPI/PAI/EKOS/PERDAIS)




المشكلة:

١. النبي هو مرب خبراء منظمة الصحة العالمية أثارت فكرة "النظام

التعليم مدى الحياة". شرح أوسع للمصطلحات المتصلة بنظام التعليم الذي هو وطنيا ودوليا!

٢. في الإسلام كما هو معروف في المصطلحات الثلاثة من التعليم،
وهي: "التربيه، التعليم، التعديب". شرح معنى هذه المصطلحات الثلاثة وتقديم تحليل كافية تتعلق الأهداف التربوية!


٣. في تاريخ التربية الإسلامية، المؤسسة أسماء معروفة لكل منا دورا
في تحقيق الأهداف والغايات من التعليم هو "الحلقة، والمدراسة، الفسينتين". شرح تحليل مقارن مع أوسع شرح لثلاثة أنواع من هذه المؤسسات!


٤. الفسينتين في إندونيسيا قد ساهم مساهمة كبيرة في توعية
المسلمين. في التنمية في الوقت الحاضر هناك في المدارس التقليدية وتلك التي هي حديثة. وصف والمقارنة بينها وبين إعطاء أمثلة عن كل جنبا إلى جنب مع ملفهم الشخصي!

٥.
ش. ة. أحمد دحلان. هو معروف بوصفه رائدا في تطوير
التعليم الديني في المدارس. شرح أفكاره وأعماله في تعزيز التعليم!

٦. ش. ة . هاشيم. هو القيادات التعليمية جدارة في رعاية
وتطوير مدرسة داخلية في اندونيسيا. شرح دور وأعماله!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar